Resep - Cara Mudah Membuat Teci atau Sate Aci

Cara Mudah Membuat Teci, Resep Membuat Sate Aci - Sudah mulai nih musim hujan di Kota Sukabumi, apalagi hujannya selalu dateng di sore hari bawaannya jadi suka baper *ups laper maksudnya . Nah kalo ujan-ujan gini cuaca kan lagi dingin-dinginnya, enaknya makan yang anget-anget apalagi ngenyangin bikin nngantuk dah jadinya . Hahaha ..

Nah kali ini Shella mau ngasih rekomendasi nih makanan apa yang cocok buat disantap ketika musim hujan dan mudah untuk dibuat sendiri. Selain mudah untuk dibuat sendiri, resepnya pun mudah kita dapatkan dan rasanyapun gak kalah enaknya sama jajanan yang lain.

Ok deh Shella kasih tau makanan yang dimaksud yaitu 'TECI' . Sobat sheliciouss tau gak nih makanan yang satu ini? Untuk warga Sukabumi pasti tau dong ya. Buat yang belum tau apa itu teci, Shella kasih tau deh sedikit mengenai makanan ini.

Teci merupakan singkatan dari sate aci (dalam bahasa Sunda) yang berarti sate yang terbuat dari tepung kanji. Biasanya sate aci ini disajikan dengan bumbu kacang atau pecel. Penasaran dengan penampakan setusuk sate aci ini ? nih Shella kasih liat pic teci yang pernah Shella buat sendiri.
Resep - Cara Mudah Membuat Teci atau Sate Aci
Teci atau Sate Aci Bumbu Kacang

Sobat Shecliciouss penasaran juga gak sama rasanya kaya gimana? Kalo penasaran juga, yuk kita bikin teci ini sendiri. Berikut resep dan cara pembuatannya :

Resep Membuat Teci :

  1. 200 gram tepung kanji tani ( aci kawung)
  2. 100 gram tepung tapioka (aci sampeu)
  3. 1 1/2 Royco ayam / penyedap rasa lainnya ( Bisa juga digantikan dengan bawang putih, garam dan gula pasir secukupnya)
  4. 800ml air panas mendidih
  5. 1 batang daun bawang
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. Goreng bawang merah secukupnya

Resep Membuat Bumbu Kacang :

  1. 100 gram kacang tanah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 batang cabai merah atau tambahkan juga cabai rawit jika ingin pedas
  4. Minyak goreng secukupnya

Cara Pembuatan Teci :

  1. Iris tipis daun bawang juga daun jeruk
  2. Campurkan daun bawang dan daun jeruk yang sudah diiris tipis tadi dengan kedua tepung tersebut kedalam wadah
  3. Tambahkan penyedap rasa (disini saya menggunakan royco ayam)
  4. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil diaduk hingga adonan kalis
  5. Jika adonan sudah terasa kalis dan dapat dibentuk, ratakan adonan menggunakan botol lalu potong-potong hingga membentuk persegi.
  6. Setelah kita buat bentuk persegi lalu rebus kedalam air panas, hingga teci mengambang, angkat lalu tiriskan.
  7. Jika sudah kita tiriskan, tusuk teci yang sudah ditiriskan tadi
Untuk pembuatan tecinya sudah selesai, sekarang kita tinggal membuat bumbu kacangnya sebagai pelengkap teci.

Cara Membuat Bumbu Kacang :

  • Masukan 3 siung bawang putih, cabai merah (buang bijinya), kacang tanah yang sudah digoreng kedalam blender.
  • Tambahkan gula, garam dan air secukupnya.
  • Blend, tapi jangan terlalu halus.
  • Jika sudah , masak dalam wajan dengan api kecil sampai airnya surut.
Siapkan sate aci yang sudah kita buat tadi diatas piring , lalu siram dengan bumbu kacang. Taraaaa sate aci sudah selesai kita buat. Selamat menyantap :)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resep - Cara Mudah Membuat Teci atau Sate Aci"

  1. bermanfaat sekali artikelnya. Kunjungi juga www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik dan aman untuk kesehatan karena free dari bahan kimia.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, No spam Sobat ...