Dasar Pengenalan Pascal Untuk Pemula

Semester baru pelajaran baru nihh, kali ini ketemu sama pelajaran pemrograman yaitu PASCAL. Dikarenakan Shella merupakan mahasiswi jurusan Teknik Informatika, maka bahasa pemrograman ini tentu akan bermanfaat sebagai dasar karena pascal memiliki aturan pemrograman yang terstruktur sehingga cocok untuk mempelajari algoritma dan pemrograman komputer.

Jika sobat ingin memulai belajar bahasa pemrograman dan algoritma dari dasar, Shella anjurkan sih belajar pascal terlebih dahulu karena setelah menguasai struktur dan aturan penulisan pascal tentu kita akan bisa lanjut ke bahasa pemrograman lainnya dengan mudah seperti bahasa C, C#, C++ atau Java.

Sebelumnya sobat Sheliciouss tau atau pernah denger gak apa itu pascal ? Jika sobat sebelumnya mempunyai basic dibidang komputer pasti gak asing lagi dong dengan kata tersebut, nah bagi yang belum pernah denger boleh deh disimak dulu sebelum kita belajar lebih lanjut.

Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang biasanya digunakan sebagai pengantar untuk mulai belajar algoritma yang relatif mudah dipelajari karena perintah-perintahnya yang mirip dengan bahasa inggris sehari-hari seperti begin, end, write dan read.

Agar program dapat berjalan maka script yang harus kita gunakan harus dicompile atau disusun kedalam bahasa mesin dan akan diterjemahkan kembali oleh operating system yang akan terlihat lebih menarik atau user friendly. Biasanya software yang digunakan untuk mengcompile disebut Compiler.

Biasanya sofware yang banyak digunakan sekarang untuk mengcompile adalah Turbo Pascal dan Free Pascal. Selain itu juga, kita dapat mengcompile secara online melalui website onlinecompiler.net
Untuk sekarang software yang Shella gunakan yaitu Free Pascal. Sudah terlihat dari namanya saja "free" ,otomatis software ini bisa digunakannya secara gratis. Selain itu kita dapat menginstallnya dengan mudah ke system operasi modern tanpa menggunakan emulator atau aplikasi tambahan lainnya.

Sekarang kita coba ya untuk menuliskan script awal dalam pascal, kita gunakan output untuk menampilkan script yaitu Writeln.

Program HelloSheliciouss;
var a: string;
begin
 writeln('Hello Sobat Sheliciouss');
 readln(a);
end.
Terus bagaiman jika kita ingin mencoba input script diatas ? caranya mudah kok . Yuk ikutin langkah-langkah dari awal :

  1. Buka aplikasi Free Pascal IDE.
  2. Setelah itu klik File lalu New
  3. Ketikan script dibawah ini
  4. Jika sudah selesai di ketikan, klik Compile dan save program yang sudah kita buat tadi lalu ketik sembarang huruf.
  5. Untuk melihat hasilnya klik Run, untuk merunning program.
  6. Selesai deh, berikut hasil inputan yang akan ditampilkan
Dari script diatas bisa kita lihat dari masing-masing kegunaannya, berikut penjelasannya :
1. variabel, merupakan tempat penyimpanan data sementara.
2. a , merupakan variabel yang kita buat.
3. string, merupakan tipe data sebuah inputan yang artinya inputan itu sebuah huruf
4. begin, memulai script inputan yang akan dijadikan hasil output
5. writeln, script untuk menampilkan teks yang telah disimpan dalam sebuah variabel
6. readln, script ini ditulis diakhir program berguna untuk mencegah program agar tidak menutup halaman setelah menampilkan output.

Nah bagaimana sudah paham kan sekarang bagaimana menampilkan script yang sudah kita buat dalam sebuah compiler tadi. Sekian pengenalan dasar Pascal kali, tunggu tutorial selanjutnya ya ..:)

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Dasar Pengenalan Pascal Untuk Pemula"

  1. Saat ini saya juga sedang belajar pemrograman pascal, terimakasih informasinya hehehe. sukses selalu hehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, No spam Sobat ...