Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate Agar Sukses

Kiat sukses menjawab pertanyaan wawancara kerja untuk fresh graduate

Pertanyaan apa sih yang akan pewawancara tanyakan pada saat kita interview kerja ?

Wawancara atau interview kerja adalah proses tanya jawab yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari calon karyawan. Proses wawancara biasanya dilakukan setelah pelamar mengajukan lamarannya kepada perusahaan.

Lalu apa tujuan dari interview kerja tersebut?
Tujuan dari proses interview tersebut adalah untuk mengumpulkan atau mengetahui informasi dari calon karyawan terkait kemampuan, keterampilan maupun kepribadian para calon karyawannya sehingga perusahaan dapat menemukan karyawan yang tepat sesuai kualifikasi yang dibutuhkan dalam posisi tersebut.

Hasil wawancara tersebut sangatlah berperngaruh terhadap diterima atau tidaknya seorang pelamar diperusahaan tersebut. Dan secara umum biasanya pertanyaan yang diajukan tidak jauh dari catatan lamaran kerja calon karyawan seperti daftar riwayat hidup atau pengalaman kerja.

Nah pasti didalam benak Sobat Sheliciouss semua yang belum memiliki pengalaman kerja alias fresh graduate akan kebingungan dan bertanya pertanyaan apa dan harus bersikap seperti apa saat melakukan interview kerja. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika sobat mempersiapkan diri dengan cara mencari tau pertanyaan seperti apa yang biasa ditemukan saat interview kerja, berikut adalah 8 pertanyaan yang biasa dilontarkan seorang pewawancara :
 

1. Mengapa kami harus memperkerjakan Anda?
Nah pertanyaan ini sering kali muncul saat saya interview kerja. Tapi menurut saya ini  adalah  peluang  untuk “menjual” diri kita agar terlihat lebih bernilai dimata sang pewawancara. Jelaskan dan uraikan dengan singkat kelebihan apa  yang kita miliki dan apa yang bisa kita berikan kedepannya untuk perusahaan. Dan ingat jangan sesekali memberikan jawaban yang terlalu umum seperti untuk mendapatkan/mencari pengalaman, pekerja keras atau memiliki motivasi untuk maju tapi berikanlah jawaban yang unik atau membuat kamu mempunyai nila plus dimata sang pewawancara.


 2. Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?
Sebaiknya sebelum melakukan interview sobat harus tau informasi tentang latar belakang perusahaan  tersebut, dengan begitu sobat memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan karena pertanyaan ini merupakan cara bagaimana sang pewawancara mengetahui apakah Sobat mempersiapkan diri dengan baik atau tidak. Pertanyaan ini juga memberikan kesempatan kepada sobat untuk memperlihatkan inisiatif dan menunjukan apakah pengalaman serta kualifikasi yang sobat miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan sang pewawancara.

3. Apa kelemahan Utama Anda?
Terkadang kita cukup sulit untuk mengetahui kelemahan pada diri sendiri, nah rahasia untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan berkata jujur mengenai apa kelemahan sobat. Tapi jangan lupa jelaskan juga bagaimana sobat mengatasi kelemahan tersebut agar menjadi kelebihan. Misalnya, kita mempunyai sifat pelupa, nah langkah untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara membuat reminder disebuah memo agar kita selalu mengingatnya. Nah cara ini memperlihatkan bahwa sobat adalah orang yang inisiatif untuk memperbaiki diri sobat.

4. Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu?
Dalam menjawab pertanyaan ini sobat harus berhati-hati, meskipun sobat berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang  kurang baik usahakan beri jawaban yang diplomatis. Bila sobat memberikan jawaban yang mengandung aspek negative kompensasikan jawaban tersebut dengan jawaban yang positif. Jika sobat hanya memberi jawaban yang tidak baik tentang pekerjaan terdahulu, maka hal ini hanya memberi point negative bagi pewawancara.

5. Bagaimana Anda mengatasi masalah?
Sebenarnya pertanyaan ini tidak mudah untuk dijawab, terutama jika sobat baru lulus atau fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Pada pertanyaan ini sebenarnya pewawancara ingin mengetahui apakah sobat dapat berpikir kritis dan dapat memberikan solusi pada setiap masalah yang sedang dihadapi. Jawaban yang pas untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan menggambarkan langkah-langkah yang sobat lakukan dalam mengutamakan pekerjaan. Hal ini memperlihatkan bahwa sobat adalah seseorang yang bertanggungjawab dan dapat berfikir positif walaupun sedang menghadapi masalah.

6. Prestasi apa yang dibanggakan?
Jika sobat memang mempunyai prestasi yang bisa dibanggakan, pilih dan seleksi secara spesifik prestasi yang memang berhubungan dengan posisi yang sedang ditawarkan oleh perusahaan. Jangan sampai prestasi yang sobat kemukakan tersebut tidak ada hubungannya dengan posisi yang ditawarkan sekarang karena itu bukan sebuah jawaban yang diharapkan. Tetapi berikanlah jawaban yang lebih relevan dan professional setelah itu kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaimana sobat dapat memenuhi kualifikasi posisi tersebut.

7. Berapa gaji yang Anda harapkan?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang tersulit terutama bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup. Sebaiknya sebelum sobat melakukan wawancara alangkah baiknya sobat mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar dapat menjawab pertanyaan tersebut. Kalaupun sobat bingung, beritahu pewawancara bahwa sobat terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Bila terpaksa berikan jawaban berupa kisaran angka sesuai dengan umr atau umk daerah sobat.

8. Bisa ceritakan mengenai diri Anda?
Dalam pertanyaan ini, pewawancara berusaha mengetahui sobat secara professional. Siapkan dua atau tiga point mengenai diri sobat, baik pengalaman kerja maupun sasaran karir sobat dan tetap konsisten, Jangan pernah memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan posisi yang ditawarkan sekarang. Rangkum jawaban sobat dengan mengungkapkan keinginan sobat sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Bila sobat memiliki jawaban yang sesuai dan meyakinkan sang pewawancara, maka hal ini dapat memberikan nilai lebih dan memperlihatkan kualifikasi diri sobat.
Sebenarnya wawancara kerja merupakan bentuk pembuktian atau klarifikasi terhadap apa yang tertulis dalam surat lamaran atau daftar riwayat hidup, sehingga bisa menjadi kesempatan baik bagi pelamar untuk menunjukkan dan menjelaskan secara langsung terkait kemampuan, pengalaman atau  faktor lain yang dimiliki untuk lebih meyakinkan perusahaan bahwa anda sebagai kandidat yang cocok untuk posisi yang dibutuhkan.
Dari contoh delapan pertanyaan tersebut bisa sobat ketahui dan persiapkan jawaban-jawaban apa saja yang harus sobat lontarkan nanti ketika melakukan wawancara kerja agar sobat masuk kedalam kualifikasi yang sedang dibutuhkan. Semoga dengan membaca artikel kali ini, sobat Sheliciouss tidak lagi merasa kebingungan tentang interview atau wawancara kerja.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate Agar Sukses"

  1. Sebelum wawancara artikel ini harus dibaca dulu supaya menambah keberhasilan interview. maksih sharingnya.
    Referensi lain untuk pembaca semoga bermanfaat

    "5 Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Anda Ketahui"

    http://carahrd.blogspot.co.id/2015/10/5-jenis-wawancara-kerja-yang-wajib-anda.html

    ReplyDelete
  2. Iya sama-sama, semoga bermanfaat juga artikel yang saya post ini :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar, No spam Sobat ...