Mitos Seputar Haid

Apakah Menstruasi atau Haid Itu?
Menstruasi atau haid adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi yang terjadi pada waktu-waktu tertentu. Dan sebagai wanita yang normal menstruasi atau haid pasti akan terjadi pada semua wanita.

Banyaknya ketakutan akan apa yang dirasakan oleh wanita saat haid mengundang mitos-mitos yang tidak tahu kebenarannya. Untuk mengatasi masalah mitos-mitos tersebut mending kita ambil fakta secara logikanya ya sobat Sheliciouss agar kita tidak salah dalam mendapatkan berita.

1. Selama Haid Tidak Boleh Berolahraga
(SALAH) Olah raga dapat tetap dilakukan selama haid, walaupun memang terjadi penurunan kemampuan tubuh beraktivitas. Tapi khususnya berenang sedapat mungkin dihindari karena dapat memudahkan terjadinya infeksi.

2. Minum Es Dapat Memperbanyak Darah
(SALAH) Minum air es pada waktu haid tidak akan mempengaruhi jumlah darah yang keluar. Jumlah darah ini bervariasi pada setiap siklus dan antara tiap wanita. Jadi salah jika minum es dapat memperbanyak darah.

3. Hindari senggama saat haid
(BENAR) Bersenggama saat haid menyebabkan infeksi rahim lebih mudah terjadi. Dapat pula terjadi regurgivitasi yaitu darah haid akan masuk ke saluran telur dan mengenai permukaan alat-alat genitalia internal lainnya seperti indung telur, bagian-bagian uterus (rahim), kandung kemih atau permukaan usus.

4. Makanan akan mempengaruhi bau darah
(SALAH) Bau darah haid manusia tidak dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Darah haid berbau amis, kecuali bila ada infeksi pada leher rahim atau selaput lendir rahim, maka darah yang keluar akan berbau busuk.

5. Nanas menimbulkan sakit perut.
(SALAH) Tidak ada larangan khusus untuk tidak mengkonsumsi nanas selama haid.

6. Wanita lebih emosional menjelang haid
(BENAR) Menjelang haid, wanita kerap mengalami keluhan seperti mudah marah, perasaan tertekan, emosi kurang stabil, sakit kepala, nyeri payudara dan rasa tidak enak pada perut.

7. Selama haid tidak boleh keramas
(SALAH)Keramas waktu haid tidak akan menyebabkan terhentinya darah yang keluar. Pada periode ini kesehatan dan kebersihan diri harus tetap diperhatikan.

8. Semasa haid tidak boleh potong rambut
(SALAH) Tidak ada hubungannya antara potong rambut dengan darah yang keluar saat haid. Anda bisa leluasa memotong rambut, jika diinginkan.

9. Saat haid tidur siang, darah naik ke kepala
(SALAH) Tidak benar bahwa tidur siang pada saat haid menyebabkan darah naik ke kepala. Justru pada saat dan menjelang haid dibutuhkan istirahat yang cukup sehubungan dengan keluhan-keluhan yang dirasakan.

10. Haid menyebabkan timbulnya jerawat
(BENAR) Perubahan hormonal selama siklus haid dapat memnyebabkan munculnya jerawat, terutama pada kulit sensitif.

11. Nyeri haid penyakit tururnan
(SALAH) Nyeri haid bukan penyakit turunan. Seorang Ibu yang mengalami nyeri haid, tidak berarti anak perempuannya pasti mengalami hal yang sama.

"Kalau wanita sedang menstruasi atau haid tuh terjadi suatu siklus dimana dinding rahim luruh disertai kontraksi yang di akibatkan estrogen dan progesteron. Masa haid hampir semuanya dipengaruhi oleh hormon itu sendiri,yang juga dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikologisnya."
"Secara medis minum es, tidur siang, atau keramas pas haid boleh saja, karena gak akan mengganggu siklus haid. Tapi untuk minum es, tiap tubuh seseorang berbeda-beda dan memang memiliki respon yang berbeda pula. Boleh saja minum es namun tidak boleh berlebihan"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mitos Seputar Haid"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, No spam Sobat ...